Positivistik dan empirik ciri utama modernitas,
beranggapan: Agama hanyalah sisa-sisa dari pengalaman masa kecil manusia yang
terus dibawa setelah dewasa. Pada kepribadian yang dewasa, kesetiaan pada agama
adalah tanda patologi, kemampuan berpikir logis yang rendah. Tuhan tidak ada
karena tidak bisa diamati baik oleh mikroskop maupun teleskop.
Ini: Akibat logis modernisasi yang dilakukan Barat sejak abad Renaissans. Modernisme menghendaki pembedaan yang tegas antara agama dengan masalah kehidupan duniawi, seperti ekonomi, politik, ilmu pengetahuan dan lainnya, di mana pada gilirannya modernisme melahirkan paham sekuler yang menghendaki adanya pemisahan antara urusan-urusan agama dan masalah kehidupan.
Dampak negatif modernisasi telah melahirkan multikrisis yang belum pernah dialami pada abad-abad sebelumnya. Krisis makna hidup, kehampaan spiritual, dan tersingkirnya agama dari kehidupan manusia hampir menghinggapi seluruh manusia di muka bumi ini.
Nas}r, menyaksikan langsung berbagai ekses negatif modernisasi di Barat. Barat (sumber penyebab krisis) kini merasakan krisis multi-dimensional. Untuk keluar dari krisis ini, Nas}r menyerukan kepada mereka kembali kepada hikmah spiritual agama dan membatasi diri dalam mengejar kesenangan duniawi, mengendalikan nafsu, menjadi humanis-rasional dan memperhatikan tetangga mereka, baik manusia maupun bukan manusia; lingkungan, binatang dan alam.
Sementara tragedi yang berlangsung di dunia Islam, ialah sedang mengulang atau justru sedang menuju kepada kesalahan yang dibuat oleh Barat, yaitu menciptakan masyarakat dengan peradaban modern yang sejujurnya justru menjadi penyebab krisis. Untuk di Timur, Nas}r menyarankan agar pembaharuan pemikiran Islam dilakukan dengan menggali dan mengkaji kembali khazanah warisan pemikiran Islam klasik dan tidak mengambil konsep-konsep modernisme Barat sebagai model.
MENGHIDUPKAN KEMBALI SPIRITUALITAS ISLAM
Jalan keluar: mernahami realitas dalam perspektif nilai-nilai tradisional yang ada dalam Islam yang mengajarkan prinsip keseimbangan (equiliblrium) antara kebenaran transcendental dan kebenaran obyektif bumi.
Spiritualitas Islam adalah sikap dari setiap muslim yang merefleksikan Allah swt sebagai sesatu yang vital dan menentukan norma atau prinsip hidup. Al-Qur'an dipandang sebagai norma atau prinsip hidup oleh mereka yang ingin selamat.
Spiritualitas Islam mengajak kesadaran manusia untuk menjadikan Tuhan dengan segala representasinya (keesaan, sifat-sifat dan al-asma>' al-husna>, al-Qur'an) sebagai model pokok dari segala bentuk ekspresi kemakhlukan manusia.
Itu sebabnya, segala bentuk tata kehidupan umat Islam mempunyai spiritualitas, sejauh didasarkan pada kesadaran keesaan Tuhan, sebagaimana diujarkan oleh Al-Quran dan berdasarkan teladan Nabi. Artinya, kehidupan spiritual dalam Islam didasarkan pada rasa takut disertai rasa pengharapan (al-khauf wa al-raja>'), kepatuhan (at}-t}a'ah), dan cinta (al-h}ubb) kepada-Nya. Dengan demikian, semua tindakan manusia timbul dari kesadaran batiniahnya sebagai makhluk teomorfis.
SEKULERISME BARAT DAN KEHAMPAAN SPIRITUAL
Di era modern ini, obsesi keduniaan manusia tampak lebih dominan mewarnai ketimbang spiritual. Kemajuan teknologi, sains dan segala hal yang bersifat duniawi, jarang disertai dengan nilai spiritual. Akibatnya, jiwa pun menjadi kering, hampa dan membutuhkan siraman ruhani yang dapat menyejukkannya. Kehampaan jiwa sebagai dampak peradaban modern menegasikan hal-hal yang bersifat spiritual (ru>h}iyyah) dan penyingkiran terhadap nilai-nilai (ma'na>wiyyah) secara gradual dalam kehidupan manusia.
Manusia modern mencoba hidup dengan alam yang kasat mata. Mereka bahkan mencoba membunuh Tuhan dan menyatakan kebebasan dari kehidupan akhirat. Akibatnya kekuatan dan daya manusia mengalami eksternalisasi. Selanjutnya dengan eksternalisasi ini manusia menaklukkan dan mengeksploitasi dunia dengan semena-mena tanpa batas. Manusia modern membuat hubungan baru dengan alam melalui proses desakralisasi alam. Alam dipandang tak Iebih dari sekedar objek dan sumber daya yang perlu dimanfaatkan dan dieksploitasi seoptimal mungkin, memperlakukan alam seperti pelacur, menikmati dan mengeksploitasi alam demi kepuasan dirinya tanpa rasa kewajiban dan tanggungjawab apa pun.
Tradisi Islam menegaskan bahwa alam merupakan teofani (tajalliy) Tuhan yang menyelimuti dan sekaligus mengungkap kebesaran Tuhan. Lingkungan alam adalah tanda-tanda (ayat) Tuhan yang tampak (al-syuhu>d), wahyu yang terhampar (al-Qur’an al-takwini) yakni alam semesta ini, disamping wahyu tertulis (al-Qur’an al-tadwini) yakni al-Qur’an dalam bentuk Kitab Suci.
Dalam ungkapan lain, Tuhan itu adalah “Lingkungan” tertinggi yang mengelilingi dan mengatasi manusia. Al-Qur’an sendiri menyebutnya Tuhan itu sebagai Al-Muhith (Yang Serba Mencakup).
Kesadaran akan ke-ih}a>t}ah-an Allah, merupakan sebuah upaya untuk menjembatani jurang yang memisahkan manusia dari Tuhannya. Dengan melaksanakan segala kewajiban syariat dan memperbanyak dzikir untuk mengingat-Nya, berusaha memperkecil perbedaan antara Tuhan yang Mahasuci dan ruh manusia yang kotor karena pengaruh hawa nafsu, pada hakikatnya, manusia melakukan pembersihan jiwa dari segala bentuk kotoran pengaruh nafsu dan pembersihannya harus kembali mengingat (zikir) kepada Tuhan. Mengingat Tuhan berarti mengalami realitas-Nya sebagai Al-Muhith atas segala ciptaanNya. Mengingat Tuhan sebagai al-Muh}i>t} berarti menyadari terus menerus kualitas kesakralan alam, fenomena alam sebagai ayat-ayat Tuhan. Dan kehadiran lingkungan alam dapat dirasakan sebagai suatu bagian yang tak terpisahkan, manakala nilai-nilai ila>hiyyah senantiasa hadir dalam dirinya.
Artinya seorang yang memiliki spiritualitas agama atau mukmin sejati, senantiasa merasakan ada hubungan dengan Tuhan dan ini melahirkan sebuah tanggung jawab terhadap pelestarian lingkungan.
Jadi, krisis lingkungan tak lain disebabkan oleh penolakan manusia terhadap Tuhan sebagai “al-Muh}i>t}” yang sesungguhnya, yang mengelilingi sekaligus memelihara kehidupan mereka. Perusakan lingkungan bermula dari sikap manusia modern yang memandang alam sebagai sesuatu yang berdiri sendiri dan terpisah dari “Lingkungan” Ilahi.
Islam memandang manusia difungsikan sebagai khali>fatulla>h di muka bumi, dimana segala perbuatannya harus menjadi sebuah pengabdian (ibadah) kepada-Nya karena dalam hakikat penciptaannya ia sebagai 'abdulla>h (hamba Allah). Sebagai hamba Allah, manusia harus pasif di hadapan Tuhan dan menerima apa pun rahmat yang diturunkan dari¬Nya. Sementara sebagai khalifah Allah, manusia harus aktif di dunia, memelihara keharmonisan alam, dan menyebarluaskan rahmatTuhan yang diturunkan kepadanya sebagai pusat ciptaan.
Hal ini bisa dicapai oleh manusia manakala ia berusaha memperoleh titik keseimbangan antara iman dan ilmu. Ilmu yang dicapai dengan akal dan pengamatan rasional dengan ukuran kuantitatif, dapat membentuk manusia sebagai penguasa dunia. Sedangkan iman yang dicapai dengan rasa melalui pengamatan irfa>nie dan karena itu bersifat kualitatif, dibentuk oleh agama, membentuk manusia menjadi hamba Allah.
Ini: Akibat logis modernisasi yang dilakukan Barat sejak abad Renaissans. Modernisme menghendaki pembedaan yang tegas antara agama dengan masalah kehidupan duniawi, seperti ekonomi, politik, ilmu pengetahuan dan lainnya, di mana pada gilirannya modernisme melahirkan paham sekuler yang menghendaki adanya pemisahan antara urusan-urusan agama dan masalah kehidupan.
Dampak negatif modernisasi telah melahirkan multikrisis yang belum pernah dialami pada abad-abad sebelumnya. Krisis makna hidup, kehampaan spiritual, dan tersingkirnya agama dari kehidupan manusia hampir menghinggapi seluruh manusia di muka bumi ini.
Nas}r, menyaksikan langsung berbagai ekses negatif modernisasi di Barat. Barat (sumber penyebab krisis) kini merasakan krisis multi-dimensional. Untuk keluar dari krisis ini, Nas}r menyerukan kepada mereka kembali kepada hikmah spiritual agama dan membatasi diri dalam mengejar kesenangan duniawi, mengendalikan nafsu, menjadi humanis-rasional dan memperhatikan tetangga mereka, baik manusia maupun bukan manusia; lingkungan, binatang dan alam.
Sementara tragedi yang berlangsung di dunia Islam, ialah sedang mengulang atau justru sedang menuju kepada kesalahan yang dibuat oleh Barat, yaitu menciptakan masyarakat dengan peradaban modern yang sejujurnya justru menjadi penyebab krisis. Untuk di Timur, Nas}r menyarankan agar pembaharuan pemikiran Islam dilakukan dengan menggali dan mengkaji kembali khazanah warisan pemikiran Islam klasik dan tidak mengambil konsep-konsep modernisme Barat sebagai model.
MENGHIDUPKAN KEMBALI SPIRITUALITAS ISLAM
Jalan keluar: mernahami realitas dalam perspektif nilai-nilai tradisional yang ada dalam Islam yang mengajarkan prinsip keseimbangan (equiliblrium) antara kebenaran transcendental dan kebenaran obyektif bumi.
Spiritualitas Islam adalah sikap dari setiap muslim yang merefleksikan Allah swt sebagai sesatu yang vital dan menentukan norma atau prinsip hidup. Al-Qur'an dipandang sebagai norma atau prinsip hidup oleh mereka yang ingin selamat.
Spiritualitas Islam mengajak kesadaran manusia untuk menjadikan Tuhan dengan segala representasinya (keesaan, sifat-sifat dan al-asma>' al-husna>, al-Qur'an) sebagai model pokok dari segala bentuk ekspresi kemakhlukan manusia.
Itu sebabnya, segala bentuk tata kehidupan umat Islam mempunyai spiritualitas, sejauh didasarkan pada kesadaran keesaan Tuhan, sebagaimana diujarkan oleh Al-Quran dan berdasarkan teladan Nabi. Artinya, kehidupan spiritual dalam Islam didasarkan pada rasa takut disertai rasa pengharapan (al-khauf wa al-raja>'), kepatuhan (at}-t}a'ah), dan cinta (al-h}ubb) kepada-Nya. Dengan demikian, semua tindakan manusia timbul dari kesadaran batiniahnya sebagai makhluk teomorfis.
SEKULERISME BARAT DAN KEHAMPAAN SPIRITUAL
Di era modern ini, obsesi keduniaan manusia tampak lebih dominan mewarnai ketimbang spiritual. Kemajuan teknologi, sains dan segala hal yang bersifat duniawi, jarang disertai dengan nilai spiritual. Akibatnya, jiwa pun menjadi kering, hampa dan membutuhkan siraman ruhani yang dapat menyejukkannya. Kehampaan jiwa sebagai dampak peradaban modern menegasikan hal-hal yang bersifat spiritual (ru>h}iyyah) dan penyingkiran terhadap nilai-nilai (ma'na>wiyyah) secara gradual dalam kehidupan manusia.
Manusia modern mencoba hidup dengan alam yang kasat mata. Mereka bahkan mencoba membunuh Tuhan dan menyatakan kebebasan dari kehidupan akhirat. Akibatnya kekuatan dan daya manusia mengalami eksternalisasi. Selanjutnya dengan eksternalisasi ini manusia menaklukkan dan mengeksploitasi dunia dengan semena-mena tanpa batas. Manusia modern membuat hubungan baru dengan alam melalui proses desakralisasi alam. Alam dipandang tak Iebih dari sekedar objek dan sumber daya yang perlu dimanfaatkan dan dieksploitasi seoptimal mungkin, memperlakukan alam seperti pelacur, menikmati dan mengeksploitasi alam demi kepuasan dirinya tanpa rasa kewajiban dan tanggungjawab apa pun.
Tradisi Islam menegaskan bahwa alam merupakan teofani (tajalliy) Tuhan yang menyelimuti dan sekaligus mengungkap kebesaran Tuhan. Lingkungan alam adalah tanda-tanda (ayat) Tuhan yang tampak (al-syuhu>d), wahyu yang terhampar (al-Qur’an al-takwini) yakni alam semesta ini, disamping wahyu tertulis (al-Qur’an al-tadwini) yakni al-Qur’an dalam bentuk Kitab Suci.
Dalam ungkapan lain, Tuhan itu adalah “Lingkungan” tertinggi yang mengelilingi dan mengatasi manusia. Al-Qur’an sendiri menyebutnya Tuhan itu sebagai Al-Muhith (Yang Serba Mencakup).
Kesadaran akan ke-ih}a>t}ah-an Allah, merupakan sebuah upaya untuk menjembatani jurang yang memisahkan manusia dari Tuhannya. Dengan melaksanakan segala kewajiban syariat dan memperbanyak dzikir untuk mengingat-Nya, berusaha memperkecil perbedaan antara Tuhan yang Mahasuci dan ruh manusia yang kotor karena pengaruh hawa nafsu, pada hakikatnya, manusia melakukan pembersihan jiwa dari segala bentuk kotoran pengaruh nafsu dan pembersihannya harus kembali mengingat (zikir) kepada Tuhan. Mengingat Tuhan berarti mengalami realitas-Nya sebagai Al-Muhith atas segala ciptaanNya. Mengingat Tuhan sebagai al-Muh}i>t} berarti menyadari terus menerus kualitas kesakralan alam, fenomena alam sebagai ayat-ayat Tuhan. Dan kehadiran lingkungan alam dapat dirasakan sebagai suatu bagian yang tak terpisahkan, manakala nilai-nilai ila>hiyyah senantiasa hadir dalam dirinya.
Artinya seorang yang memiliki spiritualitas agama atau mukmin sejati, senantiasa merasakan ada hubungan dengan Tuhan dan ini melahirkan sebuah tanggung jawab terhadap pelestarian lingkungan.
Jadi, krisis lingkungan tak lain disebabkan oleh penolakan manusia terhadap Tuhan sebagai “al-Muh}i>t}” yang sesungguhnya, yang mengelilingi sekaligus memelihara kehidupan mereka. Perusakan lingkungan bermula dari sikap manusia modern yang memandang alam sebagai sesuatu yang berdiri sendiri dan terpisah dari “Lingkungan” Ilahi.
Islam memandang manusia difungsikan sebagai khali>fatulla>h di muka bumi, dimana segala perbuatannya harus menjadi sebuah pengabdian (ibadah) kepada-Nya karena dalam hakikat penciptaannya ia sebagai 'abdulla>h (hamba Allah). Sebagai hamba Allah, manusia harus pasif di hadapan Tuhan dan menerima apa pun rahmat yang diturunkan dari¬Nya. Sementara sebagai khalifah Allah, manusia harus aktif di dunia, memelihara keharmonisan alam, dan menyebarluaskan rahmatTuhan yang diturunkan kepadanya sebagai pusat ciptaan.
Hal ini bisa dicapai oleh manusia manakala ia berusaha memperoleh titik keseimbangan antara iman dan ilmu. Ilmu yang dicapai dengan akal dan pengamatan rasional dengan ukuran kuantitatif, dapat membentuk manusia sebagai penguasa dunia. Sedangkan iman yang dicapai dengan rasa melalui pengamatan irfa>nie dan karena itu bersifat kualitatif, dibentuk oleh agama, membentuk manusia menjadi hamba Allah.
Bingung mau nulis apa Kunjungi Blog di sini Ajaib, Kakek Ibu Dan Anak Hari Ulang Tahunnya Sama
BalasHapusBONUS NEW MEMBER 20%
BalasHapusCemePoker merupakan agen Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan berbagai banyak game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sebagai agen judi poker dengan rating win tertinggi.
Cemepoker menjamin 100% keamanan para membernya serta pemain Poker kami DIJAMIN 100% Player VS Player.
Jangan lupa nantikan bonus menarik setiap bulannya dan bonus referal seumur hidup.
Baca juga :
http://www.cepok.org/keuntungan-bermain-judi-poker-online-pada-meja-kecil/
http://www.cepok.org/cepok-cara-menjaga-akun-dan-chips-dari-para-hacker/
http://www.cepok.org/cepok-panduan-cara-bermain-poker-online-terbaik/
Ayo sekarang di Cepok.org
PROMO NEW MEMBER 15%
BalasHapusPeserta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang menyediakan jasa pelayanan kepada pembukaan akun permainan judi atau taruhan online guna anda di delegasi judi online yg berderajat International, sahih dan terpercaya hanya di situs judi online.
Yang Merupakan Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama maskapai Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man bagi beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.
sabung ayam s1288
Ayo daftar sekarang di zeusbola.biz
PROMO NEW MEMBER
BalasHapusPerwakilan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg menyediakan jasa pelayanan untuk awal akun permainan judi atau taruhan online buat anda di kantor cabang judi online yg berperingkat International, sahih dan terpercaya hanya di zeusbola.
Juga Sebagai Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man guna beroperasi sbg juru taruhan latihan jasmani sedunia.
http://134.209.98.69/main-judi-online-deposit-pulsa/
Daftar sekarang hanya di ZeusBola ---> http://104.248.148.252/
================================================
BalasHapusAgen Slot Via Pulsa
CBO855
FifaPoker Agen Judi Poker Pulsa Terbaik dan Terpercaya
ID303
Situs Poker Online Uang Asli
Situs Judi Online Uang Asli
Link Alternatif Fifapoker
================================================
sabung ayam sv388 menjadi permainan yang paling banyak dimainkan saat ini. Permainan Sabung ayam online terpopuler dapat anda mainkan melalui aplikasi sv388. Situs Agen Sabung Ayam Online Terbaik menyediakan taruhan sabung ayam dengan tayangan live streaming berkualitas.
BalasHapusMenyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
* Semua Bank Lokal Indonesia
* Pulsa
* OVO
* Gopay
* Dana
* Linkaja
PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
* BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
* BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
* BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
* BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
* BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
* BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%
Contact Resmi MuseumAyam
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581
Bandar Togel Online
Museumbola Slot Pragmatic
Sabung Ayam Online
Museum Ayam
Poker Online Pulsa
Agen Sabung Ayam Online Club388
Agen SV388
Agen Taruhan Online
Agen Casino Online
HANYA DENGAN 1 ID DAN APLIKASI
BalasHapusMain Slot Online, Sabung ayam , Casino Online, Togel Online Terlengkap hanya di Mbo128 mainkan dgn pulsa tnpa potongan hny di Mbo128.
https://linktr.ee/amel.nasution56
Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 11 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.
BalasHapus11 Permainan Dalam 1 Akun
* Poker
* DominoQQ
* Bandar Ceme
* Ceme Keliling
* Capsa Susun
* Super10
* Omaha
* Blackjack
* Superbull
* Capsa Susun (New Versi)
* QQ Spirit
Promo Terbaru MuseumPoker
- Bonus Deposit Harian
- Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
- Bonus Deposit New Member 20%
- Bonus Mingguan 0.5%
- Bonus Jackpot
Daftar Poker Online
Kontak Resmi
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581
Judi QQ Spirit Deposit Pulsa Game Terbaru IDN Poker
Cara Mendapat Bonus Besar di Situs Poker Terpercaya
Belum Pernah Menang Di Agen Poker Manapun?? Jangan Kecewa..Yuk cobain zeusbola
BalasHapusPermainan Boleh Sama..Hokinya Beda Boss...
Ayo segera bergabung dan dapatkan bonus bonus menarik lainnya
Hanya Di ZEUSBOLA Anda Bisa Mendapatkan Deposit Pulsa Tanpa Potongan
➡ Minimal deposit Rp.25.000 s/d Rp.50.000
➡ Minimal WD/Tarik dana Rp.50.000
➡ Minimal Bet/ Taruhan Rp.10.000
yang ingin bergabung boleh lansung chat kami di
whatsapp :+6282277104607
instagram : zeusbola.official
+♣+♣+RATE KEMENANGAN TERTINGGI HANYA DI ZEUSBOLA+♣+♣+
SUPER FAST RESPON
DAN 24 JAM ONLINE
SITUS JUDI ONLINE TERBAIK, TERPERCAYA DAN TERBESAR DI INDONESIA
BalasHapusBOLAVITA merupakan Situs Judi Online terbaik di Indonesia tahun 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.
Menerika Deposit via pulsa TANPA POTONGAN !!
Dengan jumlah deposit dan withdraw yang cukup terjangkau, sudah bisa Anda mainkan semua permainan yang ada
> MINIMAL DEPOSIT Rp 50.000
> MINIMAL WITHDRAW Rp 50.000
Dan dapatkan BONUS NEW MEMBER 10% yang bisa Anda claim langsung.
KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR BOLAVITA
TERSEDIA DEPOSIT VIA :
=> PULSA ( XL & TELKOMSEL )
=> E-wallet (OVO, LINK AJA, GO-PAY, JENIUS dan DANA)
=> Bank (BCA, BRI, BNI, MANDIRI, CIMB NIAGA dan DANAMON)
Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
✔ WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
✔ INSTAGRAM : @bola.vita
✔ FACEBOOK : @bolavita.ofc